Saturday 30 May 2015

Festival Jajajan Bango 2015 - JOGJA


Pecinta kuliner seantero nusantara pasti udah pada tau dong tentang event festival jajanan bango ini? buat yang belum tau, Festival kuliner khas makanan Nusantara ini merupakan event yang rutin diadakan setiap tahunnya dan merupakan persembahan dari kecap bango. Jadi Bango ini berupaya untuk mempopulerkan kekayaan warisan kuliner Tanah Air melalui Festival Jajanan Bango.


Perlu foodies ketahui nih kalau setiap tahunnya, festival ini mempunyai tema yang berbeda beda. Untuk tahun 2015 ini, tema yang diangkat adalah "PERSEMBAHAN TERBAIK UNTUK PECINTA KULINER NUSANTARA". Untuk tahun ini, festival bango bakalan roadshow ke kota Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta.

Sebenernya saya penasaran banget sama festival ini, dari dulu ngelihat iklan di televisi tentang acara bango. Tapi acaranya belum diadain di kota jogja. Pengen banget rasanya dateng ke festival buat nyicipin kuliner nusantara gitu, seandainya aja diadain di kota jogja.


Namun rasa penasaran saya akhirnya terbayarkan, Festival ini bakal diadakan di jogja tanggal 17 Mei 2015. Nah pas tanggal 17 mei, saya langsung meluncur deh ke acara festival bango di stadion mandala krida jogja. Jadi di festival ini terdapat kurang lebih 50 stand makanan dan cemilan.

Karena Acara yang dihelat di lapangan parkir, jadi area festivalnya terlihat luas sekali. Untuk memasuki festival ini, kita sama sekali tidak dipungut biaya sama sekali alias FREE ENTRY. Semua makanan utama (main course) disini hanya dibanderol dengan harga tidak lebih dari Rp 30.000, rata-rata hanya sekitar Rp 20.000 saja, muraaaaaah kan? Ditambah lagi kalau lagi haus, kita bisa ambil air putih sesuka hati karena di festival ini tersedia stand yang menyediakan air mineral secara cuma cuma.


Penataan stand kulinernya pun sangat rapi, makanan dari daerah timur tengah dan barat dipisah-pisah agar memudahkan pengunjung. Di setiap tenda pun sudah disediakan meja dan kursi untuk bersantap. Namun sayang saya selalu kehabisan kursi untuk sekedar duduk dan menyantap makanan yang saya beli karena saking ramenya, alhasil kebanyakan saya hanya makan sambil berdiri. Tapi itu bukan masalah...

padat merayap

Saya datang sekitar jam 11, walau acaranya sudah dibuka dari jam 8 pagi. Saya berekspektasi bahwa jika saya datang sekitar jam 11, mungkin suasana belum terlalu ramai. Namun dugaan saya benar benar keliru, suasana di halaman parkir stadion sudah penuh sesak. Ternyata animo masyarakat jogja buat mencicipi kuliner nusantara ini begitu besar, kagum.

Ada lesehan sama layar tancep nya :)

Tanpa berbasa basi, saya langsung hanyut dalam antrian untuk membeli makanan, awalnya memang dari pagi saya sudah mengosongkan perut agar bisa makan banyak di festival ini. Habisnya festival ini hanya digelar dalam satu hari saja, jadi sayang kan kalau tidak nyicipin banyak makanan dari kuliner nusantara.

Dibawah ini beberapa makanan yang sempat saya icipi, lumayan banyak karena saat itu saya sedang khilaf.


   Mie Aceh Sabang

kudu ngantri nih
penampakan mie acehnya, sedaaap..
Makanan dari aceh satu ini ngga perlu diragukan lagi enaknya, rempah rempahnya kerasa banget, agak pedas tapi nikmat.



     Tahu tek telor cak kahar surabaya


Penjual sedang mempersiapkan pesanan
Nah penampakan seporsi tahu tek nya, cukup menggoda bukan?


Kuliner yang berasal dari jawa timur ini ternyata menyedot antusiasme pengunjung buat mencicipi nya loh. Makanan yang berisi tahu, tauge yang disiram dengan saus campuran petis dan kacang tanah emang enak tenan. Selalu doyan sama makanan dari daerah jawa timur, apalagi kalau ada petisnya. Tahu tek telor cak kahar ini enak, petisnya banyak dan kerasa, jarang nemuin tahu tek di jogja yang petisnya kerasa banget.



   Nasi pindang pak ndut semarang

pilihan lauk pauknya..

ini dia penampakan nasi pindangnya
Awalnya saya kira nasi pindang yang satu ini bakalan pakai ikan seperti nasi pindang pada umumnya dan kuahnya cenderung kuning gitu. Ternyata dugaan saya salah, nasi pindang yang ini lebih cenderung mirip dengan nasi rawon, wah ngga nyangka, enak juga ternyata, sayang daging nya kurang banyak hehehe..


  Nasi goreng kambing kebon sirih

Dari jauh pun sudah terlihat menggoda..
porsinya lumayan banyak dan enak..
Wah stand makanan yang satu ini membuat penasaran saya dari jauh, soalnya terdapat nasi goreng yang menggunung besar di wajannya. Sebenernya saya ngga begitu doyan dengan makanan yang ada kambingnya karena kadang masih tercium bau prengus kalau yang masak tidak pintar mengolahnya. Namun nasi goreng kambing disini enak, serius.


  Pempek faras



Baru pertama kali makan pempek model begini :)
Saya penasaran sama pempek satu ini, biasanya kan pempek pakai kuah yang cenderung asam manis pedas dan berwarna kecoklatan. Namun kuah pempek faras berwarna kuning, ternyata mereka menggunakan santan. Diluar ekspektasi saya, ternyata rasanya cocok dan enak.


  Oseng oseng mercon bu narti

Ini juarak, enak pedesnya 
Nah ini juga enak, saya memang doyan dengan makanan pedas, jadi ketika melihat ada oseng oseng mercon, langusng deh mampir ke stand ini. Setelah icip oseng osengnya, beh merem melek saking enaknya.


  Alpukat keruk


penutup yang sempurna, ini enak banget
Setelah banyak makan makanan utama, akhirnya saya nyerah, perut saya tidak muat lagi untuk menampung semua makanan yang dijajakan. Saya putuskan untuk berhenti makan makanan utama, saatnya untuk makanan penutup. Akhirnya saya melipir ke stand yang menjual alpukat keruk. Wah ini seger, di mangkok nya terdapat alpukat, choco crunch, bubuk milo, susu kental manis. What a delicious dessert!


Oh iya, saya sempat mengikuti acara kopdar #kulinerindonesiaku yang diadakan di Tenda Media pada pukul 2 siang. Disana ada mas Arie Parikesit selaku Chief Culinary Officer/Founder Kelanarasa Culinary Solutions dan ada teman foodblogger dari Hungerranger.com

Mas Dio Hunggerranger in action :)

Mas Arie sedang menjelaskan #kulinerindonesiaku



Acara ini diisi dengan sharing mengenai (Festival Jajanan Bango dan #KulinerIndonesiaku, mengenai tenant Festival Jajanan Bango, dan #KulinerIndonesiaku Go International yang didukung Kecap Bango) dari mas Arie dan mas dio dari hungerranger.  Cukup seru acaranya, akhirnya bisa ketemu juga dengan mas arie (dari dulu suka kepo-in twitternya, selalu ngiler lihat tweet nya mas arie tentang makanan).

Kapan lagi dong kita bisa mencicipi kuliner nusantara dari ujung barat sampai ujung timur dalam satu hari saja? Saya jamin, yang pada ngga mampir ke acara ini pasti bakalan nyesel se nyesel nyeselnya hehe.. Semoga tahun tahun berikutnya, acara serupa bakal diadain lagi di jogja. Baiklah sekian dan terima kasih untuk yang sudah membaca :)

0 komentar:

Post a Comment